“Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati”

11-12 peserta rapimTribratanewsJatim.com: Rapim Polda Jatim TA 2016 bertajuk “ Dengan Memperkuat  Solidaritas, Profesionalisme dan Revolusi Mental, Polda Jatim Siap Mengamankan  Kebijakan Pemerintah”.

Sesuai dengan tema atau tajuk tersebut, dihadapan peserta Rapim, Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji dalam kebijakannya antara lain mengatakan, hindari tindakan kontra produktif yang menghambat program pemerintah, baik pusat maupun Provinsi Jawa Timur.

11-12Selain itu, hilangkan sifat dan sikap mencari kesalahan, sehingga dapat menimbulkan kegaduhan dalam dunia usaha. Ingat!! Arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), bahwa percepatan merupakan kata kunci di era kompetisi. “Tinggalkan pola pola lama yang membuat kita tak mampu berlari cepat,” kata Jenderal Polisi berbintang dua itu, Kamis (11/2/2016).

Disisi lain, dalam kebijakan Kapolda Jatim, juga disinggung tentang mencegah lebih baik daripada mengobati, termasuk sinergitas tanpa akhir dengan aparat keamanan serta instansi terkait lainnya. Dan senantiasa berpikir negara, berorientasi kepada rakyat serta bertindak sesuai kepentingan nasional RI. Hal tersebut merupakan semangat yang menjadi nafas kebijakan operasional Kapolda Jatim di tahun 2016. (mbah heru)

 

Ditandai Ketuk Palu, Kapolda Jatim Buka Rapim Polri 2016

11 rapim polri di batuTribratanewsJatim.com: Ditandai dengan ketuk palu, Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2016, Kamis (11/2/2016) di Batu, Malang, Jawa Timur. Rapim bertajuk “ Dengan Memperkuat  Solidaritas, Profesionalisme dan Revolusi Mental, Polda Jatim Siap Mengamankan  Kebijakan Pemerintah”.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, juga dihadiri Pejabat Utama Polda Jatim mulai Irwasda, Dirreskrimsus, Dirreskrimum, Dirnarkoba, Kabid Humas, Dirsabhara, dan Dirintelkam serta Dirlantas Polda Jatim. Peserta lain para Kapolres jajaran Polda Jatim.

11 rapim polriKapolda Jatim Irjen Anton Setiadji menegaskan, situasi stabilitas kamtibmas di Jawa Timur selama tahun 2015 terkendali. Selain itu, para Kasatwil  harus mampu melakukan pemetakan wilayahnya, agar mampu  mendeteksi  lebih awal.

Selain itu, kasus kasus yang telah ditangani hendaknya terus dikembangkan dan para Kasatwil tetap melakukan koordinasi secara inten dengan para pendukung pimpinan daerah termasuk calon pimpinan daerah yang masih terkendala dengan masalah Pilkada Serentak 2015 lalu. (mbah heru/boby/jacky)

Ditemukan di Sawah, Jenasah Pilot Pesawat yang Terjatuh

10 pesawat jatuh 1TribratanewsJatim.com: Jenazah Pilot Pesawat Super Tucano TT-3108 milik TNI AU buatan Brazil yang jatuh menimpa rumah warga di kawasan Jalan LA Sucipto, Blimbing, Malang, Jawa Timur, ditemukan di tengah sawah, daerah Tunjungsekar, Kabupaten Malang. Jarak lokasi penemuan jenazah yang sekitar 3 hingga 4 kilometer dari lokasi pesawat jatuh.

Jenazah Pilot Mayor PNB Ifi Safatilah ditemukan pertama kali oleh Kapolsek Singosari Polres Kota Malang, Jawa Timur, Komisaris Polisi Ariek Indra Sentanu di tengah sawah daerah Tunjungsekar, Kabupaten Malang. Jarak lokasi penemuan jenazah yang sekitar 3 -4 kilometer dari lokasi pesawat jatuh.

Pesawat latih jenis Tucano milik TNI Angkatan Udara ini jatuh di Malang, Jawa Timur. Pesawat jatuh sekitar pukul 10.42 WIB, Rabu (10/2/2016). Pesawat diterbangkan Pilot Mayor PNB Ifi Safatilah dan didampingi Co Pilot Saiful.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Abdulrachman Saleh, Mayor Sus Hamdi Londong Allo mengatakan, pilot merupakan satu dari tiga yang meninggal dalam kejadian tersebut. Dua lainnya merupakan warga sipil. Yaitu Erna, pemilik rumah beserta Nurcholis yang ngekos di rumah tersebut. “Sementara Co Pilot masih dalam pencarian,” kata Mayor Sus Hamdi Londong Allo.

10 pesawat jatuhSementara itu, jenazah Erna dan Nurcholis dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang, Jawa Timur. Petugas juga tengah mengevakuasi bangkai pesawat dari lokasi kejadian.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebelum jatuh, posisi pesawat berputar putar lalu menukek jatuh di perkampungan padat penduduk yang ada di Jalan LA Sucipto, Blimbing Malang.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono mengatakan, saat ini tim gabungan Polri dan TNI tengah melakukan evakuasi pesawat Tucano TNI Angkatan Udara yang jatuh itu.

Hingga kini belum bisa dipastikan mengenai detail insiden tersebut termasuk kondisi pesawat maupun kerusakan dan korban yang ditimbulkan.  “Sedang dilaksanakan evakuasi. Data lengkap sedang dihimpun,” kata Kabid Humas Polda Jatim. (mbah heru)

 

Pesawat yang Jatuh Sempat Menukik Tajam

IMG-20160210-WA021TribratanewsJatim.com: Evakuasi terus dilakukan jatuhnya pesawat latih tempur TNI AU yang jatuh di rumah warga di Simpang 4 LA Sucipto, Blimbing Malang, Jawa Timur. Sempat menukik tajam, jatuhnya pesawat kekitar 5 – 6 kilo meter dari bandara Abdul Rachman Saleh Malang.

Hingga pukul 12.00 WIB, Rabu (10/2/2016) posisi pesawat masih di atas rumah warga yang dihuni 3 orang itu. “ Posisi pesawat masih di atas rumah warga,” kata saksi mata di lokasi kejadian sembari menambahkan di atas lokasi kejadian sering dilalui pesawat yang terjatuh itu.

Identitas korban tewas Pilot Mayor PNB IFI, Copilot Saiful dan ibu Pujianto (dirawat di RSSA Malang). Sedang jenis pesawat yang terjatuh itu adalah pesawat tempur Super “Tocano” buatan Brazil. Dan pesawat yang jatuh itu menimpah rumah Mujianto. (mbah heru)

Foto: pesawat yang jatuh di rumah warga

Lokasi Kejadian Sering Dilalui Pesawat yang Terjatuh Itu

10 pesawatSemerusatu.com: Evakuasi terus dilakukan jatuhnya pesawat latih tempur TNI AU yang jatuh di rumah warga di Simpang 4 LA Sucipto, Blimbing Malang, Jawa Timur. Jatuhnya pesawat kekitar 5 – 6 kilo meter dari bandara Abdul Rachman Saleh Malang.

Hingga pukul 12.00 WIB, Rabu (10/2/2016) posisi pesawat masih di atas rumah warga yang dihuni 3 orang itu. “ Posisi pesawat masih di atas rumah warga,” kata saksi mata di lokasi kejadian sembari menambahkan di atas lokasi kejadian sering dilalui pesawat yang terjatuh itu.

Identitas korban tewas Pilot Mayor PNB IFI, Copilot Saiful dan ibu Pujianto (dirawat di RSSA Malang). Sedang jenis pesawat yang terjatuh itu adalah pesawat tempur Super “Tocano” buatan Brazil. Dan pesawat yang jatuh itu menimpah rumah Mujianto. (mbah heru)

Pesawat Latih AU yang Jatuh Belum Dievakuasi

10 jenis pesawat jatuhTribratanewsJatim.com: Hingga pukul 11.00 WIB, Rabu (10/2/2016) posisi pesawat latih tempur yang jatuh di rumah warga di Simpang 4 LA Sucipto, Blimbing Malang belum dievakuasi. “ Posisi pesawat masih di atas rumah warga,” kata saksi mata di lokasi kejadian.

Identitas korban tewas Mayor PNB IFI, Copilot Saiful dan ibu Pujianto (dirawat di RSSA Malang). Sedang jenis pesawat yang terjatuh itu adalah pesawat tempur Super “Tocano” buatan Brazil. Dan pesawat yang jatuh itu menimpah rumah Mujianto.

Sementara bangkai pesawat belum dievakuasi pihak Lanud Abd Saleh Malang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saksi mata menjelaskan, sebelum terjatuh, posisi pesawat berputar putar lalu menukek jatuh di perkampungan padat penduduk yang ada di Jalan LA Sucipto, Blimbing Malang. Belum diketahui pasti jumlah korban tewas akibat jatuhnya pesawat menimpah rumah warga di jalan itu. Hingga kini peristiwa naas itu masih dihimpun. (mbah heru)

Breaking News: Ada yang Tewas, Pesawat Latih Jatuh di Rumah Warga di Malang Jawa Timur

10 lokasi pesawat jatuhTribratanewsJatim.com: Pesawat latih jatuh di daerah kawasan La Sucipto, Blimbing, Malang, Jawa Timur, Rabu (10/2/2016) sekitar pukul 10.00 WIB.  Kawasan arus lalu lintas di seputar  lokasi jatuhnya pesawat  macet total.

Saksi mata menjelaskan, sebelum terjatuh, posisi pesawat berputar putar lalu menukek jatuh di perkampungan padat penduduk yang ada di Jalan LA Sucipto, Blimbing Malang.

Belum diketahui pasti jumlah korban tewas akibat tertimpah jatuhnya pesawat yang mengenai rumah warga di jalan itu. Peristiwa itu sempat jadi tontonan masyarakat. Sementara data masih dihimpun.  (mbah heru)

foto: Situasi lokasi kejadian jatuhnya pesawat latih di Blimbing Malang

Masa Depan Humas Polri, Humas Dituntut Menguasai Manajemen Informasi

3 Anton CharliyanTribratanewsJatim: Selama 3 hari terhitung sejak 1 – 3 Februari 2016, sebanyak empat personil Humas Polda Sumut mengikuti kegiatan pelatihan Counter Messaging Course di Medan, yang diselenggarakan oleh International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) Departemen Kehakiman US.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 Polda yaitu Polda Sumut, Polda Aceh,Polda Riau, Polda Kepri, Polda Sumsel, Polda Bengkulu, Polda Lampung, Polda Banten, Polda Bangkabelitung dan Polda Jawa Barat dengan peserta sejumlah 22 orang.

Acara dibuka oleh Karo PID Mabes Polri mewakili Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Drs Daniel Pasaribu dan Penasehat Eksekutif ICITAP Komjen Pol (Purn) Oegroseno dan Irwasda Polda Sumut.

3 kursus humas Polri 1ICITAP sendiri menghadirkan tiga orang instruktur sebagai pemberi materi dalam pelatihan tersebut yaitu, Mr Steve dan Mr Adam dan instruktur sekaligus penerjemah adalah Iwan Maskun.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran dan kemampuan personil Humas Polda dalam mengelola Informasi, sehingga Humas Polda juga dapat meningkatkan perannya dalam menjadi penyeimbang informasi, khususnya informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas Kepolisian dan mampu membentuk opini yang positif tentang Kepolisian di tengah- tengah masyarakat.

3 masa depan Humas PolriPelatihan tersebut berjalan dengan lancar dan suskes, para peserta tampak semangat dan selalu antusias selama proses pelatihan tersebut. Mr Steve dan Mr Adam secara bergantian dan dengan atraktif memberikan penjelasan bagaimana melakukan manajemen informasi yang baik di dunia media sosial maupun media online, konferensi pers dan media informasi lainnya.

Diharapkan oleh para peserta pelatihan tersebut, acara ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan masing masing personil Humas dan dapat mendukung tugas tugas kehumasan Polri.

Kepala Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan, Rab (3/2/2016)  menutup acara dengan berpesan kepada para peserta bahwa era zaman sekarang adalah era informasi karena itu masing- masing personil Humas dituntut agar dapat menguasai dan mengelola manajemen informasi dengan cara profesional khususnya informasi yang menyangkut tentang Kepolisian Indonesia. (tbn/mbah heru)

 

Kapolda Jatim Terima Penghargaan dari Komnas HAM

2 kompolnas 1TribratanewsJatim.com: Kapolda Jatim, Irjen Anton Setiadji, Kapolres Sidoarjo AKBP Anwar dan Kapolres Gresik AKBP Adi Wibowo didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Gresik menerima penghargaan dari Ketua Komnas HAM Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) DR Arist Medeka Sirait.

2 KompolnasAcara yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Jatim diantaranya Kabid Humas Kombes RP Argo Yuwono dan Dirreskrimum Kombes Wibowo, berlangsung di Gedung Tribrata Polda Jatim, Selasa (2/2/2016).

2 kabid dan Ketua Komnas HamPemberian penghargaan itu, kata Ketua KPAI, atas kerjasamanya dalam menuntaskan  kasus perlindungan anak. “Kerjasama ini sekaligus terima kasih kami kepada Bhayangkari  yang selalu membantu  tugas tugas KPAI untuk bisa menyelesaikan antara lain kasus kasus penculikan anak di daerah Gresik,” kata Ketua KPIA.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji menegatakan, memberikan atensi terhadap kasus kasus anak dibawah umur, karena tugas dan tanggungjawab Polri dengan melibatkan PPA dari Ditreskrimum dan Biro SDM Polda Jatim, khususnya bidang psikologi serta dari bidang Dokkes. (boby/mbah heru)

Foto: Kapolda Jatim terima penghargaan dari Ketua (boby)

Terekam CCTV, Polisi Terus Buru Pencuri Berlian Senilai Rp 4 Miliar

30 turisTribratanewsJatim.com: Telah terjadi pencurian gelang rantai berisikan 18 butir berlian GIA @1 Karat. Diduga pelakunya merupakan sepasang warga negara asing yang diperkirakan dari India atau Pakistan. Gelang tersebut dicuri dari toko Princes Galaxy Mall Surabaya. Gelang rantai berlian tersebut senilai Rp 4 Miliar.

Dari rekaman CCTV berhasil didapatkan ciri ciri pelaku usia sekitar 30 tahun. Perempuan tinggi-langsing berambut panjang pirang, telinga banyak tindikan, laki-laki tinggi tegap, rambut agak gondrong.

Nomer seri berlian GIA yang berhasil dicuri sebagai berikut:2146234791 ; 2136981376 ; 6145311634 ; 2136410624 ;5146155107 ;5136625156 ;1139642697 ;2146255464 ; 614794487 ; 1139863074 ;2146263372 ; 2106412244 ; 2146199826 ; 1149067706 ; 1149426751 ; 1149233484 ; 2146235464 ; 2136707563.

Kejadian bermula pada Kamis (28/1/2016) lalu pukul 20.00 WIB, pelaku menggunakan bahasa Inggris berpurapura membeli barang. Posisi keduanya terpisah, setelah melihat barang yang dituju, pelaku menanyakan harga dan berpura-pura akan membeli dan mengatakan pada penjaga toko akan mengambil DP, lalu buru-buru keluar toko.

Beberapa menit kemudian petugas kaget ketika melihat gelangnya sudah tidak ada lagi di meja, kejadian yang sangat cepat membuat penjaga tidak mengira barang berharga tersebut dibawa kabur oleh pelaku.

Diperkirakan pelaku ini sangat lihai untuk melakukan aksinya. Dari keterangan satpam dan saksi, pelaku langsung menaiki mobil Avanza Plat B yang diparkir diluar area Galaxi Mall. Saat itu, pelaku perempuan langsung menggunakan kerudung.

Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, AKP Agung Pribadi membenarkan kejadian tersebut. “Laporan sudah masuk ke kami, Kini anggota sedang melakukan Pengejaran hingga saat ini, diperkirakan mereka masih berada di Surabaya,” kata AKP Agung.

Kepada segenap warga kota Surabaya, Jika ada yang menawarkan atau akan menjual berlian dengan no seri tsb segera hubungi polisi. (mbah heru)

Foto: kedua pelaku warga asing kabur