Ingin Lahirkan generasi berkualitas, Polsek Jajaran di Trenggalek road Show Progam Smart-G

Tribratanewsjatim.com – Smart-G yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek AKBP I Made Agus Prasatya, SIK, M.Hum. telah berjalan. Masing-masing Polsek mulai mempersiapkan diri. Program yang dikhususkan bagi pelajar ini memang mencangkup beberapa kegiatan mulai dari penyuluhan terpadu sampai berbagai lomba yang diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah, salah satunya adalah lomba PKS dan Satuan Pramuka Bhayangkara.

Road Show Program Smart-G Polsek Jajaran Polres Trenggalek
Road Show Program Smart-G Polsek Jajaran Polres Trenggalek

Mereka dilatih khusus oleh anggota Polsek kemudian diseleksi, dipilih yang terbaik kemudian dijadikan satu peleton pasukan pelajar. Peleton inilah yang nantinya akan dikirim untuk berlomba di tingkat Polres. Masing-masing Bhabinkamtibmas pun blusukan ke sekolah-sekolah untuk mencari bibit unggul seperti halnya slogan Smart-G “generasi cerdas, generasi tertib, generasi hebat”.

Tak tanggung-tanggung, Kapolsekpun turun langsung ke lapangan untuk melatih para generasi muda ini. Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Karangan AKP M. Solikin, SH, ia langsung turun ke beberapa sekolah. Tidak hanya mengawasi tapi bertindak sebagai pelatih. “Kami sudah siapkan tim dari Polsek Karangan dengan matang. Semoga nanti bisa memberikan yang terbaik,” ujar Solikin. “Kami juga bekerjasama dengan UDP Kec. Karangan maupun Koramil,” tambahnya.

Tak mau ketinggalan Polsek Gandusari, Kampak, Pule, Panggul dan Munjungan pun melakukan hal yang sama. Para Kapolsek ini terlihat aktif melatih para pelajar sekolah. Bahkan Polsek Kampak melatih sekaligus mulai dari SD, SMP dan SMA di lapangan Kampak.

“Materi awal yang diberikan berupa pelatihan baris-berbaris, karena dari sini mereka akan terlatih team work dan belajar kedisiplinan,” jelas AKP Eko Martono. Masing-masing tingkat sekolah dilatih oleh sekurangnya dua orang pelatih dari Polsek setempat.

Berbeda dengan Polsek Pule, bertempat di SMPN 1 Pule, Iptu Suradji memberikan materi bagaimana mengatur lalu lintas yang baik. Diantaranya adalah 12 gerakan lalu lintas. “Nantinya mereka akan membantu Polisi pengaturan lantas pagi dan siang hari di depan sekolah,” ujar Kapolsek yang baru 2 bulan menjabat ini.

Dari pantauan penulis, para pelajar tampak riang dengan metode pelatihan yang diberikan oleh anggota Polsek. Tak terlihat sama sekali wajah mengeluh meskipun sedikit lelah tapi raut muka mereka menunjukkan rasa semangat yang tinggi. Ya, Kapolres Trenggalek sendiri telah menekankan bahwa dalam melatih dan memberikan pembelajaran haruslah dengan suasana yang menyenangkan. Kalau perlu disertai dengan jok-jok segar agar tidak membosankan.(umam/galek)

Rekrutmen Polri, Polres Jember Anut Asas “Betah”

15 Sosialisasi jemberTribatanewsJatim.com: Polres Jember begerak cepat untuk mensosialisasikan penerimaan anggota Polri 2016, Kali ini sasaranya SMAN 3 Jember. Sekitar 250 siswa mengikuti “Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri Setiap Hari Sepanjang Tahun″.  Kegiatan ini menjelaskan prosedur penerimaan anggota kepolisian yang benar, Kamis (14/1/ 2016).

“Kita mencari siswa-siswa SMA/ sederajat yang akan lulus, dengan harapan setelah lulus mereka bisa mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri,” ujar Aiptu Andi Guntoro.

Kasat Binmas Polres Jember AKP Ni Luh Sri Artini yang diwakili oleh Kanit Bintibmas Aiptu Andi Guntoro menjelaskan,  acara yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jember itu bertujuan untuk menyebar luaskan informasi tentang penerimaan anggota Polri Setiap Hari Sepanjang Tahun.

Kepala Sekolah SMAN 3 Jember, Rahardjo Untung dalam sambutan mengatakan, sangat mendukung dan mengapresiasi Satbinmas Res Jember yang sudah memberikan sosialisasi tentang prosedur penerimaan Anggota Polri di SMAN 3 Jember dan mengucapkan banyak terima kasih.

Dalam giat tersebut Satbinmas Res Jember diwakili oleh  Kanit Bintibmas Aiptu Andi Guntoro memaparkan soal proses penerimaan anggota Polri dan sosialisasi tata cara penerimaan calon anggota Polri harus dilakukan, karena selama ini tidak sedikit oknum yang meminta sejumlah uang kepada para calon siswa agar bisa diterima menjadi anggota Polri.

Materi lain dari Kasubbagpers Polres Jember IPDA Ari Kususanto memaparkan sejumlah persyaratan pendaftaran sebagai anggota Polri yaitu mulai dari fisik, intellligence, dan mental spiritual. Termasuk konsep rekrutmen yang menganut asas “Betah”, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

“Saya mengimbau agar para siswa yang ingin bergabung menjadi anggota Polri hati-hati jika ada oknum yang meminta sejumlah uang, karena di lingkungan Polri tidak ada jalur penerimaan anggota Polri dengan sejumlah uang,” tegasnya. (jbr/mbah heru)

Waka Polda Jatim Kunjungi Pos Pantau Bundaran Waru yang libatkan Pasukan Kikvater 3 dalam Pam Malam Tahun Baru 2016

Waka Polda Jatim di Pos Pantau bunderan Waru bersama kikavser 3
Waka Polda Jatim di Pos Pantau bunderan Waru bersama kikavser 3

Tribratanewsjatim.com – Di seluruh dunia akan merayakan pesta dalam menyambut tahun baru 2016, khususnya masyarakat Jawa Timur di di Kota Surabaya, walau tidak ada kegiatan car free night namun petugas kepolisian yang dibantu TNI tidak ingin kecolongan dalam mengamankan situasi di moment spesial malam akhir tahun 2015 dan menyambut tahun baru 2016.

Dalam kunjungan kerja Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs Eddy Hariyanto bersama Irwasda, Dir Sabhara, Dir Pam Obvit ke Pos Pantau Bunderan Waru ini untuk memberikan semangat kerja bagi petugas di lapangan saat sedang melaksanakan tugas pengaturan arus lalu lintas di jalur yang terkenal macet ini. Pukul 18.30 wib rombongan tiba di Pos Pantau yang letaknya dekat dengan pusat perbelanjaan Mall Cito dan tempat hiburan Surabaya Carnival.

bunderRombongan mendapat sambutan hangat dari satuan samping TNI dari pasukan kikavser 3 Kodam V Brawijaya dan komunitas motor pelopor tertib lalu lintas saat tiba di depan Pos Pantau dan langsung meminta untuk mengabadikan dengan foto bersama. Terima Kasih Jenderal atas kunjungannya di Pos Pantau dan saya bersama rekan-rekan senang bisa membantu Polisi dalam mengamankan dan mengatur lalu lintas di penghujung malam terakhir di tahun 2015 dan menyambut tahun 2016. Ungkap Serda Fika dari Polisi Militer.

Eddy mengungkapkan rasa bangga kepada 10 pers kikavser 3 Kodam v Brawijaya dengan 1 unit Anoa panser yang siap membantu pengamanan di acara malam ini dan mengungkapkan terima kasih serta memberikan bingkisan berupa makanan ringan dan minuman agar dapat mengurangi rasa lelah petugas saat bertugas. Semoga di malam ini situasi dalam keadaan kondusif dan masyarakat yang merayakan dalam menyambut tahun baru 2016 ini merasa aman, kata Eddy (umam)

Singgamata : “Jangan Nodai Kota Malang”

Tribratanewsjatim.com – Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata,SIK,Msi menegaskan kepada para mahasiswa yang melakukan  demo di Kota Malang, agar tidak menggunakan cara-cara yang merugikan kepentingan umum, Aksi bakar ban, perusakan fasilitas umum dan sebagainya, itu merupakan hal yang akan ditindak aparat sesuai prosedur.

Kapolres Malang Kota AKBP Singgamata sampaikan kamtibmas kpd mahasiswa yg Demo
Kapolres Malang Kota AKBP Singgamata sampaikan kamtibmas kpd mahasiswa yg Demo

“Aksi membakar ban di tengah jalan itu merugikan kepentingan umum, banyak aduan masyarakat terkait aksi demo hari ini,” kata Singgamata, beberapa menit lalu, Terkait aksi dorong antara mahasiswa dan aparat kepolisian, ia menegaskan, hal itu sudah sesuai prosedur yang berlaku. Awalnya polisi sudah memberi peringatan lisan, namun hal itu tidak diindahkan.

“Peraturan Kapolri itu ada, kami menggunakan dorongan dengan tangan kosong, dan itu sah, sudah sesuai prosedur,” tuturnya dan Polres Malang Kota, tegas dia, tidak pernah melarang aksi demo mahasiswa, asalkan dilakukan dengan baik dan tanpa aksi kekerasan, “Ini Malang lho, kota pendidikan, jangan sampai dinodai hal-hal seperti ini,” ucapnya(umam)

Police Humanity Care : Wujud Polisi Trenggalek Ta’ziah dan empati terhadap warga sekitar

Tribratanewsjatim.com – Polisi juga Manusia yang tidak akan lepas akan bermasyarakat baik di lingkungan dinas maupun saat di rumah dengan tetangga. Berbagai upaya demi menunjukkan kedekatan antara masyarakat dengan Kepolisian untuk terciptanya suasana aman dan kondusif terus dilakukan, oleh jajaran Polres Trenggalek.

Kapolsek Munjungan bersama anggota ciptakan kedekatan bersama masyarakat
Kapolsek Munjungan bersama anggota ciptakan kedekatan bersama masyarakat

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Munjungan yakni AKP ROHADI, S.H. selaku Kapolsek Munjungan beserta anggotanya ini, ikut ta’ziah bila ada salah satu warganya yang meninggal dunia. Kapolsek beserta anggotanya, juga mengikuti proses sholat jenazah secara berjamaah dengan warga serta mengangkat jenazah hingga disemayamkan di tempat Pemakaman umum Desa tersebut. AKP ROHADI, S.H. menuturkan, selain bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, jajaran Kepolisan Sektor (Polsek) Munjungan juga melakukan giat takziah dan membantu pemakaman warga yang implementasi salah satu program Kapolres Trenggalek untuk membantu masyarakat yaitu “Police Humanity Care”

Fungsi Bhabinkamtibmas selaku petugas Polri yang langsung turun di tengah masyarakat pada kesempatan pertama bilamana ada salah satu warganya mengalami kesulitan maka langsung menindak lanjutinya,  ini menunjukkan hubungan baik yang bersinergi dengan masyarakat. ”Kedekatan dengan masyarakat dengan menjalin kebersamaan disegala aktivitas adalah bentuk wujud kami menciptakan suasana aman dan kondusif, memberikan rasa aman kepada warga serta kepedulian dan empati Polri terhadap lingkungan sekitarnya,” jelas Kapolsek Munjungan.

Inna Lillahi wa inna ilaihi rojiun  ...
Inna Lillahi wa inna ilaihi rojiun …

Kegiatan membantu warga yang meninggal bukan kali pertama dilaksanakan di jajaran Polsek Munjungan, akan tetapi sudah menjadi kewajiban dan sudah dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polres Trenggalek. Saat prosesi pemakaman, pihaknya bersama anggota lainya ikut melakukan pemakaman serta berbaur bersama masyarakat. “Kami bertakziah sebagai bentuk turut berduka cita atas meninggalnya salah satu warga kami dan bentuk kepedulian Polsek Munjungan, serta ikut  mendoakan almarhum semoga diterima oleh Allah SWT. Selain itu untuk memberikan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan” ucap ROHADI.(umam/pid trenggalek)

Penghargaan Pangkat Perwira IPDA SUYANA Di Upacarakan Dipimpin Kapolres Madiun

Tribratanewsjatim.com – Hari Senin Kapolres Madiun AKBP TONY SURYA PUTRA, S.I.K memimpin upacara Korp Raport Kenaikan pangkat penghargaan setingkat lebih tinggi di lapangan Polres Madiun yang di hadiri pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran serta anggota Poilres Madiun kepada IPDA SUYANA NRP 58020250 yang saat ini menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Kebonsari (30/11/2015).

TONY selaku Kapolres Madiun dalam mengawali amanatnya selalu mengajak selalu bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmad dan karuniaNya sehingga masih diberi kesehatan, kekuatan dan kesempatan masih bisa menghadiri acara Korp Raport dalam keadaan sehat wal afiat.

Korp Raport kenaikan pangkat Penghargaan setingkat lebih tinggi ini merupakan salah satu bentuk Reward pimpinan terhadap hak personil di lingkungan Polri namun bukan merupakan hak mutlak personel setiap menjelang purna tugas namun juga harus memperhatikan dedikasi dan loyalitas serta kedislipinan personil dalam melaksanakan tugas dan tidak melangar dan membuat citra buruk Polri”, Imbuh Tony.

1 des ukp perwira penghrgaan
Kapolres Madiun AKBP TONY SURYA PUTRA, S.I.K memberikan ucapan selamat kepada IPDA SUYANA

Kapolres Madiun AKBP TONY SURYA PUTRA, S.I.K memberikan ucapan selamat dan berpesan kepada IPDA SUYANA atas kenaikan pangkat penghargaan yang telah diraih dan bisa menjadikan semangat dalam pengabdian menjelang masa pensiun serta menjadikan kebanggaan keluarga yang patut di syukuri dan juga di harapkan kepada yang bersangkutan tetap bisa menjadi motivator kepada anggota Polri terutama yang masih aktif serta menjembatani tugas- tugas Polri terutama di bidang Kemitraan di tengah tengah masyarakat demikan amanat Kapolres Madiun dalam upacara Korp Raport (umam/madiun)

TNI POLRI Amankan Penertiban APK oleh Panwascam Panji

Tribratanewsjatim.com – Anggota Polsek Panji bersama Babinsa Panji melaksanakan pengawalan dan pengamanan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) oleh Panwascam Panji yang tidak sesuai ketentuan KPU Situbondo, Selasa (24/11). 24 apk tni

Petugas Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Panji, Situbondo, melakukan sweaping pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye. Dibantu oleh Babinkamtibmas Polsek Panji dan Babinsa Koramil Panji, petugas Panwascam menemukan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye yang dilakukan di tempat umum seperti tiang listrik dan pohon.

Temuan di beberapa wilayah Kecamatan Panji ini melanggar aturan pemasangan alat peraga kampanye seperti yang diatur dalam Peraturan KPU nomor 15 tahun 2013 tentang kampanye dan pemasangan alat peraga.

“Keberadaan Alat Peraga Kampanye cukup penting dalam tahap kampanye, namun masing-masing calon harus mematuhi ketentuan yang berlaku. Kami akan melakukan penertiban secara persuasif, edukatif, dan tidak diskriminatif, dan juga meminta bantuan pengawalan dan pengamanan dari Polsek dan Koramil panji,” imbuh ketua Panwascam(umam/roy)

KAPOLRES JEMBER SAMBANGI ANGGOTA YANG SAKIT

Tribratanewsjatim.com – Siapa yang mengenal nama Aiptu Kuswadi yang dulu dikenal kuat dan gagah sekarang tubuhnya nampak terkulai lemah, akibat penyakit stroke yang dia derita selama setahun ini. Mantan anggota yang lama berdinas di Bagian Resmob Polres Jember ini, kini sebagian tubuhnya lumpuh, dan aktifitas sehari harinya harus dibantu dan dirawat keluarganya. Istri dan anaknya pasrah menghadapi ujian ini, meskipun sosok Aiptu Kuswadi adalah tulang punggung nafkah keluarga.

24 ka jember
Kapolres Jember AKBP.M.Sabilul Alif, SH SIK di rumah Aiptu Kuswadi

Senin siang (23.11.2015), Kapolres Jember AKBP.M.Sabilul Alif, SH SIK disela-sela kesibukannya masih menyempatkan waktunya, untuk peduli mengunjungi anggotanya yang sakit. Kunjungan Kapolres kali ini mendatangi kediaman AIPTU Kuswadi di Jalan Fatahilah Gang Condro Kaliwates Jember, kehadirannya didampingi oleh Kabagsumda Kompol Nurmala,SIK , Kasubag Humas AKP Dono Sugiarto, Kasi Propam Ipda Sucahyo beserta team medis dari Bid Dokes Polres Jember. Keluarga AIPTU Kuswadi menerima kedatangan Bapak Kapolres dirumahnya dengan rasa haru, dalam pertemuan ini istri Aiptu Kuswadi mengkisahkan perihal penyakit dan kondisi perkembangan kesehatannya selama menderita sakit dan sudah tidak bisa menjalankan tugas sebagai polisi seperti yang dulu.

24 ka jember2
Kapolres Jember AKBP.M.Sabilul Alif, SH SIK berikan santunan biaya pengobatan kepada keluarga

Kapolres Jember AKBP.M.Sabilul Alif, SH SIk dibalik rasa keprihatinan melihat kondisi anak buahnya, beliau tetap menyemangati dan memotifasi kesembuhan penyakit yang diderita anggotanya “Kami berharap dan berdoa semoga ALLAH SWT memberikan jalan kesembuhannya ” tutur Kapolres Diakhir pertemuan Kapolres juga memberikan santunan biaya pengobatan yang diterima langsung keluarga Aiptu Kuswadi (umam/hms)

Polisi Sita 900 Pil Trex dan 800 Pil Dekstro

18 pil koploTribratanewsJatim.com: Peredaran pil Trihexyphenidil atau trek kembali diendus anggota Satnarkoba Polres Banyuwangi. Tak cuma itu, polisi juga mengungkap praktek peredaran pil dekstro dari satu pelaku.

Pelaku Andri Wibowo (29) warga Jalan Ikan Wijinongko, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. Modus pelaku dihentikan polisi sekitar pukul 22.30 WIB, Selasa (17/11/2015).

Bukti yang diamankan cukup mencengangkan. Setidaknya ada 900 butir pil trex dan 800 butir pil dekstro. Selain itu petugas juga mengamankan 6 bendel platik klip kecil,
1 bendel plastik klip besar, sebuah HP merek Hammer, serta uang tunai Rp 1 juta.

Kasatnarkoba Polres Banyuwangi AKP Agung Setyo Budi menjelaskan, kedok tersangka diendus saat akan mengedarkan pil daftar G. Selama ini Andri kerap menjajakan dua jenis pil itu di sekitaran Kota Banyuwangi.

“Sasarannya kalangan muda dari yang sekolah sampai yang telah bekerja. Pil ini di pasaran relatif murah sehingga gampang dibeli. Padahal jika dikonsumsi berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan,” katanya.

Pil itu ternyata didapat Andri dari seorang pemasok asal Jember Jawa Timur berinisial AG. Keduanya melakukan transaksi di Jalan Raya Mayang, Jember sebelum akhirnya aksi Andri diendus petugas.

“Dari beberapa kasus yang kita tangani, pil trek maupun dekstro rata-rata dipasok dari Kota Suwar-Suwir. Mengapa kebanyakan dari sana karena banyak perusahaan farmasi yang memiliki kantor pemasaran di Jember. Biasanya traksaksi itu dilakukan di kawasan perbatasan antara Jember-Banyuwangi,” tambahnya. (bwi/mbah heru)

Foto: tersangka

Kasat Binmas Polres Situbondo Beri Bantuan Janda Miskin

17 SitubondoTribratanewsJatim.com: Setelah pelaksanaan penyuluhan Kamtibmas, Kasat Binmas Polres Situbondo, AKP M. Munir bersama anggota dan Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang ke pemukiman penduduk di Desa Kedungdowo, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (17/11/2015).

Sambang ke pemukiman itu bertujuan untuk memberikan bantuan kepada janda-janda tua miskin atau yang tidak mampu. Diharapkan pemberian bantuan ini dapat sedikit meringankan beban para janda tua yang tidak mampu tersebut dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. (hps/mbah heru)