Semarak, Pesta Lampion di Polda Jatim

31 pesta lampionTribratanewsJatim.com: Tradisi malam Tahun Baru 2016 cukup meraih. Bunyi terus bersautan. Jalanan dipadati masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun. Suara bunyi knalpot membuat bising. Namun semua itu tak mengurangi hiruk pikuknya keramaian di sana sini. Bukan hanya di Taman Bungkul yang cukup dipadati warga Surabaya untuk menonton hiburan di sana. Namun  di Mapolda Jatim sendiri juga tak ketinggalan untuk merayakan pergantian tahun. Selain pesta Lampion, para anggota juga bergembira untuk menanti datangkan tahun 2016. Hiburan elekton juga diselenggarakan di Ditreskrimum Polda Jatim, Direskrimum, Kombes Wibowo juga menyumbangkan suara emasnya duet bersama AKBP Rosa. Lagu lagu tempo dulu diantaranya Koes Plus  didendangkan hingga membuat penonton yang semuanya anggoto reskrim sempat terpukau. 31 pesta lampion 3Giliran irama dangdut koplo, tanpa disadari dengan sendirinya tubuh sempat bergoyong dan akhirnya sebagian pejabat utama berjoket ria, meski hanya sesaat. Memang benar benar terhibur dan suasa lebih akrab, saat Kombes Wibowo meminta untuk menyalahkan lampion. Suasan semakin memukau manakala warna warni lampion yang dinyalahkan itu bisa terbang, ini membuat lampu lampion yang warna warni itu  juga membuat suasana di udara semakin semarak. Benar benar cukup menghibur perayakan Malam Tahun Baru di Mapolda Jatim, yang dilaksanakan oleh Ditreskrimum.  Selamat Tahun Baru, semoga semuanya berjalan sesuai yang diharapkan. Amin (mbah heru) Foto: Direskrimum Polda Jatim, Kombes Wibowo saat menyalahkan lampion bersama anggotanya

Waka Polda Jatim Kunjungi Pos Pantau Bundaran Waru yang libatkan Pasukan Kikvater 3 dalam Pam Malam Tahun Baru 2016

Waka Polda Jatim di Pos Pantau bunderan Waru bersama kikavser 3
Waka Polda Jatim di Pos Pantau bunderan Waru bersama kikavser 3

Tribratanewsjatim.com – Di seluruh dunia akan merayakan pesta dalam menyambut tahun baru 2016, khususnya masyarakat Jawa Timur di di Kota Surabaya, walau tidak ada kegiatan car free night namun petugas kepolisian yang dibantu TNI tidak ingin kecolongan dalam mengamankan situasi di moment spesial malam akhir tahun 2015 dan menyambut tahun baru 2016.

Dalam kunjungan kerja Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs Eddy Hariyanto bersama Irwasda, Dir Sabhara, Dir Pam Obvit ke Pos Pantau Bunderan Waru ini untuk memberikan semangat kerja bagi petugas di lapangan saat sedang melaksanakan tugas pengaturan arus lalu lintas di jalur yang terkenal macet ini. Pukul 18.30 wib rombongan tiba di Pos Pantau yang letaknya dekat dengan pusat perbelanjaan Mall Cito dan tempat hiburan Surabaya Carnival.

bunderRombongan mendapat sambutan hangat dari satuan samping TNI dari pasukan kikavser 3 Kodam V Brawijaya dan komunitas motor pelopor tertib lalu lintas saat tiba di depan Pos Pantau dan langsung meminta untuk mengabadikan dengan foto bersama. Terima Kasih Jenderal atas kunjungannya di Pos Pantau dan saya bersama rekan-rekan senang bisa membantu Polisi dalam mengamankan dan mengatur lalu lintas di penghujung malam terakhir di tahun 2015 dan menyambut tahun 2016. Ungkap Serda Fika dari Polisi Militer.

Eddy mengungkapkan rasa bangga kepada 10 pers kikavser 3 Kodam v Brawijaya dengan 1 unit Anoa panser yang siap membantu pengamanan di acara malam ini dan mengungkapkan terima kasih serta memberikan bingkisan berupa makanan ringan dan minuman agar dapat mengurangi rasa lelah petugas saat bertugas. Semoga di malam ini situasi dalam keadaan kondusif dan masyarakat yang merayakan dalam menyambut tahun baru 2016 ini merasa aman, kata Eddy (umam)

Malam Tahun Baru 2016, Kapolda Jatim “Blusukan”

31 kapolda 1TribratanewsJatim.com: Tradisi Malam Tahun Baru, para pejabat di Jawa Timur “blusukan” di beberapa tempat yang dijadikan arena untuk berkumpulkan masyarakat. Bukan cuma ini saja, tapi lokasi lain juga tak luput dari jujukan para pejabat itu.

Mudah mudahan di Malam Tahun Baru 2016, situasi di Jawa Timur tetap kondusif. Hal ini yang diharapkan oleh semua pihak.

31 kapolda KabidSementara Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji didampingi pejabat utama Kabid Humas Kombes RP Argo Yuwono dan Dirlantas Kombes Verdianto “blusukan” dalam rangka cek pos operasi Lilin Semeru 2015 dalam pengamanan malam Tahun Baru 2016.

Diantara yang dilakukan pengecekkan Pos PAM Operasi Lilin Semeru adalah wilayah Polres Bangkalan Madura dilanjutkan ke wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya  di Polsek Kenjeran  dan Suramadu.

31 SuramaduBukan cuma itu saja, Jenderal Polisi Bintang dua itu juga melakukan pengecekkan di Pos Operasi Lilin di Siola. Selanjutnya “merapat” di Gedung Negara Grahadi, tempat berkumpulnya para pejabat diantaranya Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Pangarmatim, serta Ketua DPRD Jatim. 31 Kapoldsa 2

Kepada anggotanya yang siaga, Kapolda Jatim menegaskan, hendaknya tetap waspada. Sekecil apupun jika ada laporan tetap ditanggapi dengan cara humanis.Di sisi lain, Kapolda juga minta agar anggota bisa menjaga diri dengan sebaik baiknya. (mbah heru/jacky)

foto: Kapolda Jatim didampingi Kabid Humas dan Dirlantas saat “blusukan”  (jacky)

Kapolres Jember: PAM Tahun Baru Mengedepankan Sikap Humanis

31 Car Free Naight JemberTribratanewsJatim.com: Pengalaman beberapa tahun lalu,  puncak perayaan pergantian malam tahun baru di Kabupaten Jember, Jawa Timur masyarakat akan terkonsentrasi  memadati Jantung Kota Alun Alun Jember.

Mengantisipasi situasi tetap berlangsung kondusif, aparat keamanan gabungan pun disiagakan dengan menggelar apel kesiapan pasukan pengamanan malam Tahun Baru 2016, di depan Kantor Pemkab Jember, Kamis (31/12/2015) sore.

Tercatat sejumlah 487 Personil akan mengamankan situasi malam tahun baru di Kota Jember. Polres Jember menerjunkan anggotanya sejumlah 317 personil sementara dari Kesatuan samping yaitu 2 SST Kodim 0824, 1 SST Armed 8, 1 SST Brigif 9, 5 Personil CPM, 1 SST Sat Pol PP,  15 Personil Dishub.

Selain itu, seluruh Polsek Jajaran Polres Jember, juga menyiagakan anggotanya bersama instansi terkait, untuk mengamankan wilayahnya masing masing. Sementara itu ada yang beda pada apel pasukan  tahun ini, sekitar 150 orang pemuda kader bela negara, juga diikutkan kegiatan membantu jalannya pengamanan. Kapolres Jember AKBP.M.Sabilul Alif, SH, SIk, MSi memimpin apel menyampaikan harapannya proses pengamanan malam pergantian tahun baru kali mesti lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

” Saya tekankan agar dalam setiap tindakan dilapangan, tetap mengedepankan sikap yang humanis, jangan ada timbul konflik maupun komplain dari masyarakat, sehingga sampai usainya kegiatan, bisa tuntas tanpa masalah ,” tegas Kapolres Jember.

Pengerahan kekuatan di titik titik rawan agar dioptimalkan, sehingga tindak kriminal dan kecelakaan lalu lintas bisa dicegah untuk terjadi. Pengaturan arus lalu lintas juga dimaksimalkan agar kemungkinan terjadinya kemacetan lalu lintas bisa diminimalisir.

Disisi lain, diluar pengamanan, Polres Jember akan memberlakukan ” Car Free Night ” , bersamaan dengan itu, menyuguhkan menu acara penuh sensasi ” malam tahun mlaku mlaku nang alun alun ” yang dimeriahkan suasana pesona penuh warna pesta kembang api, panggung hiburan, Sim Night ( Pelayanan Sim Keliling ), Police Empathy, Realist Painting Show, Photography Competition, Frendly Corner, Police Mucic Competition dan Deklarasi aksi keselamatan dan tertib berlalu lintas. Buat Malam Tahun Barumu lebih berarti dengan Semarak Tertib Berlalu Lintas. (jbr/mbah heru)  

Kapolda Jatim: Jadikan Kenaikan Pangkat Untuk Meningkatkan Pengabdian

IMG-20151231-02296TribratanewsJatim.com: Sebanyak 4.452 polisi se-Jawa Timur dari jajaran pamen, pama, brigadir, dan tamtama menerima kenaikan pangkat per 1 Januari 2016. Kenaikan pangkat ribuan polisi itu diterima dalam upacara Korp Rapor Kenaikan Pangkat Polda Jatim yang dipimpin Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji di lapangan apel Mapolda Jatim, Kamis (31/12/2015) dengan Komandan upacara Kabid Humas Kombes RP Argo Yuwono.

“Jadikan, kenaikan pangkat sebagai titik tolak untuk meningkatkan pengabdian, apalagi sebagian kenaikan pangkat itu merupakan penghargaan atas prestasi sesuai penilaian pimpinan,” kata Kapolda.

Untuk itu, penilaian pimpinan hendaknya dijadikan motivasi untuk meningkatkan dedikasi dalam tugas, sehingga terjadi akselerasi kinerja Polda Jatim secara institusi. Dalam upacara Korp Rapor, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono selaku komandan upacara itu, diharapkan anggota untuk meningkatkan pengamanan Tahun Baru.

“Saya minta tingkatkan pengamanan Tahun Baru dalam Operasi Lilin Semeru 2015, tapi saya juga minta agar keselamatan diri sendiri juga dijaga, sekaligus menjaga keamanan masyarakat,” katanya.

Ke-4.452 polisi itu terdiri dari 907 perwira (pamen/pama) dan 3.545 brigadir. Kenaikan pangkat itu didasarkan SK Kapolda Jatim yang mengacu SK Kapolri No Skep/232-233/IV/2015 tentang Pedoman Administrasi Kenaikan Pangkat Reguler/Penghargaan. (mbah heru) foto: Kapolda Jatim dan pejabat utama memberi ucapan selamat bagi anggitanya yang naik pangkat

Malam Tahun Baru Kapolres Jember Lakukan Tes Urine Anggotanya

31 Jember tes urineTribratanewsJatim.com: Jelang perayaan malam pergantian Tahun Baru, diprediksi penyalahgunaan narkotika dan obat obat terlarang diprediksi bakal meningkat. Ditengah kerja keras Polri yang gencar melakukan penegakan hukum bagi  pelaku narkoba, Polres Jember juga berupaya ” bersih -bersih ” terhadap anggotanya yang terlibat Narkoba.

Bukan hanya anggota Bintara, kali ini giliran  seluruh perwira jajaran Polres Jember tidak luput dilakukan  test urine. Tujuannya untuk mendeteksi penyalahgunaan ada atau tidaknya zat zat terlarang ( narkoba). Kegiatan pemeriksaan test urine dilakukan  oleh tim Biddokes, di Depan ruang Satuan Reserse Kriminal Mapolres Jember, Kamis Siang (31/12/2015)

Kapolres Jember AKBP. M. Sabilul Alif, SH, SIK, MSi menyatakan, bahwa penegakan hukum terhadap pelaku penyalahgunaan n bukan hanya dilakukan sebatas eksternal saja, melainkan juga dilakukan secara internal, karena sangat ironis sebagai aparat penegak hukum melakukan hal ini.

” Apa yang kami lakukan ini demi menyelamatkan anggota kami, masyarakat maupun pihak pihak lainnya agar jangan sampai terlibat, setelah tahun baru setiap Senin rutin dilakukan  test urine, apabila wartawan mengetahui ada anggota Polri yang menggunakan Narkoba silahkan laporkan langsung Kapolres ,” tegas Kapolres Jember. (jbr/mbah heru)

 

polres Jember Lakukan Tes Urine Anggotanya

Selamat Naik Pangkat Ndan..

31 Naik Pangkat Eddwi HariyantoSUPEL dan familier inilah yang pantas menjadi julukan sosok Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jatim, AKBP Eddwi Kurniyanto. Kebahagiaan tak bisa terbendung lantaran pada Kamis, 31 Desember 2015 naik pangkat dari Kompol menjadi AKBP.

Keceriaan terlihat di raut wajahnya itu bukan hanya dialami oleh Eddwi – sapaan akrabnya, namun istri dan orangtua plus familinya juga terlihat sumringah saat berkunjung di kantor perwira bertubuh atletis itu.

Ucapan selamat naik pangkat, bukan saja dilakukan oleh keluarga Eddwi, namun anggota Bid Humas Polda Jatim tak henti hentinya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat Eddwi. Termasuk wartawan yang biasa ngepos di Polda Jatim. Selamat ndan…selamat ndan, maksudnya selamat naik pangkat ndan.

Sosok Eddwi yang humoris dan tergolong akrab dengan wartawan juga gemar bercanda itu tak jarang saat lagi ngantor  selalu pulang malam. Terlihat, jika komandannya Kabid Humas Polda Jatim Kombes RP Argo Yuwono masih berada di kantor meski hingga malam, Eddwi juga masih belum pulang. Meski pekerjaan yang digelutinya sudah selesai semua. Dan bahkan santai bersama wartawan di ruang Humas.

Yang jelas, sebelum Kabid Humas Polda Jatim itu pulang, AKBP Eddwi juga belum pulang. Luar biasa, jam pulang kerja tidak bisa ditentukan. Semua ini demi pengabdian terbaik. Selamat naik pangkat, melati tambah satu dipundaknya, ndan… (mbah heru)

foto: AKBP Eddwi Kurniyanto

Satu dari Empat Perampok Spesialis Alfamart dan Indomart Ditangani Penyidik PPA

31 curas 3Semerusatu.com: Terkait perampokan Alfamart dan Indomart  di Jawa Timur, satu diantara empat pelaku proses penyidikannya dilimpahkan ke penyidik PPA, Ditreskrimum Polda Jatim, Kamis (31/12/2015). Adalah berinisial AK (17) warga Sukorejo, Pasuruan.

“ Memang benar salah satu pelaku masih dibawah umur berinisial AK, proses penyidikannya diserahkan kepada penyidik PPA,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono didampingi Kasubbid Penmas AKBP Eddwi Kurniyanto dan Kasubdit Jatanras, AKBP Hanny Hidayat.

Sementara proses penyidikan tiga pelaku lain ditangani oleh penyidik Subdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tim  Cobra, Subdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim berhasil membekuk Komplotan penjahat  spesialis Alfamart  dan Indomart  di Jawa Timur, antara lain Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Sidoarjo.

Dua dari empal pelaku dihadiahi timah panas kakinya,  adalah warga Pasuruan masing masing berinisial AH (21) dan SL (25), KS (23) serta AK (17). Barang bukti yang disita 3 sepeda motor sebagai sarana kejahatan, 2 celurit, 4 HP dan jaket hitam.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono didampingi Kasubbid Penmas AKBP Eddwi Hariyanto dan Kasubdit Jatanras, AKBP Hanny Hidayat, Kamis (31/12/2015) mengatakan, waktu itu tim Cobra Jatanras dapat informasi tentang keberadaan para pelaku. Saat tengah malam, Tim Cobra segera meluncur di tempat persembunyian pelaku SL alias Samblek di tempat cucian Banyu Urip, Jalan Mangga 71 Bangil, Pasuruan.

Usai dilakukian pemeriksaan awal, SL menginformasikan lokasi pelaku lain. Sekitar pukul 22.10 WIB, kembali Tim Cobra membekuk pelaku AH alias Daog yang saat itu berada di depan salon Een, Jalan Raya Pandaan, Prigen, Pasuruan.

Tim Cobra yang dikomandani Iptu Fauzi terus bergerak untuk memburu pelaku lain. Sekitar pukul 22.40 WIB, pelaku KS berhasil tertangkap di kawasan Pabrik PT Behastek, Jalan Gunung Gangsir Desa Sumberejo, Pandaan, Pasuruan.

Belum puas hanya menangkap komplotan itu, Tim Cobra terus memburu pelaku lainnya, dan pada Rabu (30/12/2015) sekitar pukul 01.20 WIB, pelaku AK tertangkap di rumahnya, Desa Oro Oro, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan.

Modus operandi yang dilakukan komplotan perampok bersenjata celurit itu dengan cara saat Alfamart dan Indomart masih buka pada tengah malam yang menjadi sasaran aksi kejahatannya. Malam itu, pelaku masuk dengan cara berpura pura menjadi konsumen. Lalu mendekati meja kasir.

Dalam keadaan sepi  pembeli inilah, kasir ditodong celurit  dan diancam dibunuh jika tidak menyerahkan seluruh uang, baik dalam laci maupun brankas. Bukan hanya itu saja, HP dan sepeda motor milik karyawan Indomart maupun Alfamart juga dibawa kabur komplotan perampok itu.  Hasil kejahatan yang  berhasil didapat komplotan penjahat itu senilai Rp 151.424.629.

Pelaku mengaku, baru 11 kali melakukan aksi kejahatan perampokan. Bahkan pelaku belu pernah ditahan. Pelaku baru kali pertama selama melakukan perampokan tertangkap. Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 365 KUHP ancaman 9 tahun penjara. (Mbah heru)

foto: Kabid Humas, Ksubbid Penmas dan Kasubdit Jatanras Polda Jatim gelar kasus perampokan itu (boby)

Tim Cobra Polda Jatim Tembak 2 dari 4 Perampok Spesialis Alfamart dan Indomart

31 Curas (boby)TribratanewsJatim.com: Tim  Cobra, Subdit III Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim berhasil membekuk Komplotan penjahat  spesialis Alfamart  dan Indomart  di Jawa Timur, antara lain Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Sidoarjo.

Dua dari empal pelaku dihadiahi timah panas kakinya,  adalah warga Pasuruan masing masing berinisial AH (21) dan SL (25), KS (23) serta AK (17). Barang bukti yang disita 3 sepeda motor sebagai sarana kejahatan, 2 celurit, 4 HP dan jaket hitam.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono didampingi Kasubbid Penmas AKBP Eddwi Hariyanto dan Kasubdit Jatanras, AKBP Hanny Hidayat, Kamis (31/12/2015) mengatakan, waktu itu tim Cobra Jatanras dapat informasi tentang keberadaan para pelaku. Saat tengah malam, Tim Cobra segera meluncur di tempat persembunyian pelaku SL alias Samblek di tempat cucian Banyu Urip, Jalan Mangga 71 Bangil, Pasuruan.

Usai dilakukian pemeriksaan awal, SL menginformasikan lokasi pelaku lain. Sekitar pukul 22.10 WIB, kembali Tim Cobra membekuk pelaku AH alias Daog yang saat itu berada di depan salon Een, Jalan Raya Pandaan, Prigen, Pasuruan.

31 CurasTim Cobra yang dikomandani Iptu Fauzi terus bergerak untuk memburu pelaku lain. Sekitar pukul 22.40 WIB, pelaku KS berhasil tertangkap di kawasan Pabrik PT Behastek, Jalan Gunung Gangsir Desa Sumberejo, Pandaan, Pasuruan.

Belum puas hanya menangkap komplotan itu, Tim Cobra terus memburu pelaku lainnya, dan pada Rabu (30/12/2015) sekitar pukul 01.20 WIB, pelaku AK tertangkap di rumahnya, Desa Oro Oro, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan.

Modus operandi yang dilakukan komplotan perampok bersenjata celurit itu dengan cara saat Alfamart dan Indomart masih buka pada tengah malam yang menjadi sasaran aksi kejahatannya. Malam itu, pelaku masuk dengan cara berpura pura menjadi konsumen. Lalu mendekati meja kasir.

Dalam keadaan sepi  pembeli inilah, kasir ditodong celurit  dan diancam dibunuh jika tidak menyerahkan seluruh uang, baik dalam laci maupun brankas. Bukan hanya itu saja, HP dan sepeda motor milik karyawan Indomart maupun Alfamart juga dibawa kabur komplotan perampok itu.  Hasil kejahatan yang  berhasil didapat komplotan penjahat itu senilai Rp 151.424.629.

Pelaku mengaku, baru 11 kali melakukan aksi kejahatan perampokan. Bahkan pelaku belu pernah ditahan. Pelaku baru kali pertama selama melakukan perampokan tertangkap. Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 365 KUHP ancaman 9 tahun penjara. (mbah heru)

foto: Kabid Humas, Ksubbid Penmas dan Kasubdit Jatanras Polda Jatim gelar kasus perampokan itu (boby)

Release pengungkapan miras selama cipkon ops Lilin Semeru 2015

IMG_6132
Wakapolres Pacitan menunjukkan BB miras

tribratanewsjatim.com.-. Dalam rangka operasi lilin semeru 2015, Polres Pacitan melaksanakan kegiatan cipta kondisi dalam rangka pemberantasan peredaran  minuman keras di wilayah Kabupaten Pacitan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan guna menciptakan kondisi yang kondusif pada kegiatan natal 2015 dan menjelang tahun baru 2016.

Dalam kegiatan release tersebut, Wakapolres Pacitan Kompol Suharsono SH mmewakili Kapolres Pacitan memberikan keterangan pers tentang keberhasilan Polres Pacitan dalam pengungkapan kasus minuman keras di wilayah Pacitan selama operasi lilin 2015. Dijelaskan bahwa hasil cipta kondisi pemberantasan peredaran miras, Polres Pacitan berhasil mengamanankan barang bukti 340 Liter arak jowo, 88 botol bir, 40 botol vodka, 36 botol anggur orang tua, 12 botol black jack dan 7 botol arak ginseng di 21 TKP.  Wakapolres Pacitan menerangkan bahwa untuk pelaku dikenakan tipiring melanggar perda no 2 tahun 2011 pasala 14 jo pasal 30 tentang retribusi penjualan minuman berakohol dengan ancamam hukuman kurungan 3 bulan dan denda maks 50 juta rupiah. (hr)